Pemerintah Pantau Kesiapan Vaksinasi Covid-19 Indonesia

Written by on November 19, 2020

Foto: BPMI Setpres/Kris

Presiden Joko Widodo melakukan inspeksi mendadak untuk meninjau pelaksanaan kegiatan simulasi vaksinasi Covid-19 ke sebuah puskesmas yang berlokasi di Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, pada Rabu, 18 November 2020.

Kegiatan simulasi ini dilaksanakan untuk mempersiapkan kesiapan tenaga kesehatan dan masyarakat dalam pelaksanaan vaksin. Dimulai dari standar operasional prosedur dan tata cara pelaksanaan sehingga apabila vaksinasi dijalankan maka puskesmas segera siap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Mengapa simulasi dilakukan secara terbuka? Menurut Menkes, simulasi vaksinasi dilakukan secara terbuka agar masyarakat memahami bagaimana alur vaksin, bagaimana proses penyuntikan vaksin sehingga masyarakat akan terpapar lebih jelas, dan pemerintah daerah dapat melakukan vaksinasi dengan standard yang sesuai.

“Pemberian vaksinasi Ini menjadi sorotan dunia, apa yang kita lakukan adalah faktanya seperti itu. Kita menyiapkan diri, dan terus menerus berlatih sehingga saat nanti vaksin itu ada, kita tinggal melaksanakan supaya tidak gagap,” kata Menkes Terawan, Rabu (18/11/2020).

Lebih rinci nantinya puskesmas ini diketahui merupakan salah satu lokasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Jawa Barat. Presiden kali ini meninjau beberapa fasilitas seperti tenda antrean yang menjadi fasilitas bagi warga untuk menunggu antrean pemeriksaan serta sertifikasi data.

Selain itu, area dalam Puskesmas yang menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi pun ditinjau. Penerapan protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan secara berkala dan menjaga jarak aman menjadi hal yang diprioritaskan.

“Pagi hari ini saya datang ke puskesmas di Kota Bogor ini, Puskesmas Tanah Sareal, karena kemarin saya mendengar bahwa di puskesmas ini akan diadakan simulasi untuk vaksinasi [Covid-19]. Saya memang tinggal di sekitar sini sehingga saya mampir,” ujar Presiden, Rabu (18/11).

Puskesmas Tanah Sareal diketahui memiliki capaian imunisasi rutin di atas 90 persen dan telah meraih akreditasi sebagai Puskesmas paripurna. Pada saat sidak, tampak puluhan warga dari beragam kalangan berkumpul untuk turut serta menyaksikan proses simulasi vaksinasi Covid-19.

Setelah Presiden, hari ini (19/11/2020) Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau gelaran simulasi vaksin Covid-19 di Puskesmas Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Melalui siaran pers Setwapres, rombongan Wapres berangkat dari kediaman resmi pada pukul 08.00 WIB. Rombongan tiba di Puskesmas Cikarang sekitar pukul 08.50 WIB. Tinjauan Ma’ruf di puskesmas tersebut dilakukan selama 20 menit untuk melihat proses pelaksanaan simulasi vaksinasi Covid-19.

Menurut Ma’ruf, simulasi tersebut berjalan dengan baik mulai dari pendaftaran peserta, screening (pemeriksaan) kesehatan dasar peserta, penyuntikan vaksin, hingga observasi setelah vaksinasi.

“Jadi tadi, pertama mereka mendaftar melalui online, dipanggil melalui online. Diperiksa dulu kesehatannya baik atau tidak, bisa divaksin atau tidak,” kata Ma’ruf saat memberikan keterangan pers.

“Kalau sudah diberi petunjuk, langsung divaksin. Kalau ada apa-apa juga diperiksa, kalau ada hal-hal (lain) juga sudah disiapkan dengan sangat baik. Simulasi vaksinasi di sini sudah cukup baik,” tegas Ma’ruf.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
%d bloggers like this: