Calon Kapolri Baru: Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo

Written by on January 11, 2021

Presiden RI, Ir. Joko Widodo dikabarkan telah menunjuk satu nama sebagai calon Kapolri untuk menggantikan Jendral Polisi Idham Aziz.

Dari 5 calon nama yang diserahkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).  Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo yang saat ini sedang menjabat sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri.

Penggantian pimpinan tertinggi di tubuh Korps Polri ini hendak dilakukan dikarenakan Jendral Pol Idham Azis sebagai Kapolri akan pensiun pada 30 Januari 2021.

Setelah penunjukan oleh Presiden, Listyo akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR dalam waktu dekat.

Profil Singkat:

Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991. Lahir di Ambon, Maluku, pada 5 Mei 1969, beliau  dikenal dekat dengan Presiden Jokowi, karena pernah menjabat sebagai Kapolres Solo, Jawa Tengah, pada 2011 saat Jokowi sedang menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Di tahun 2014, Listyo menjadi ajudan dari Presiden Jokowi. Setelah itu berbagai jabatan pernah beliau duduki seperti Kapolda Banten periode 2016-2018, Kadiv Propam Polri pada 2018 – 2019 dan Kabareskrim hingga saat ini.

Prestasi mencuat dari Listyo adalah saat penangkapan kasus hak tagih Bank Bali Djoko Tjandra yang telah menjadi buronan selama 11 tahun termasuk juga praktik suap terkait pelarian Djoko Tjandra.at


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL