Pemerintah Segera Distribusikan 300 Ribu Obat Gratis Untuk Pasien Isoman

Written by on July 15, 2021

JAKARTA, RPK FM – Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan paket obat dan vitamin secara gratis kepada pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Acara ini dilaksanakan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu, 15 Juli 2021 didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia, Erick Thohir dan Panglima TNI Marsekal, TNI Hadi Tjahjanto.

“Pemerintah memberi bantuan mulai hari ini berupa bantuan bahan paket sembako lewat PKH dan lewat Bantuan Sosial Tunai (BST). Serta bantuan paket vitamin dan obat-obatan,” tegas Jokowi.

Bantuan ini akan segera dibagikan kepada masyarakat dengan pengawasan ketat dibawah pimpinan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Pendistribusian ini akan dimulai melalui Pulau Jawa dan Bali. Kemudian dilanjutkan lagi dengan 300 ribu paket untuk diluar Jawa.

“Pendistribusian 300 ribu paket tahap pertama ini, para Babinsa akan didampingi oleh petugas dari puskesmas maupun bidan bidan desa di wilayah tersebut,” ungkap Hadi.

Dirinya menjelaskan untuk masyarakat yang membutuhkan paket obat isoman ini harus mengikuti prosedur, yatu dengan melaksanakan isolasi mandiri barbasis desa. Selanjutnya puskesmas atau bidan desa melakukan triase tengan membagi pasien sesuai kategori yang ada (Orang Tanpa Gejala, Gejala Ringan, Gejala Sedang). Lalu obat akan segera dibagikan kepada masyarakat sesuai kategorinya yang diawasi langsung oleh puskesmas atau bidan desa.

Dengan adanya program ini, Jokowi juga menjamin bahwa program ini tidak mengganggu ketersediaan obat esensial terapi Covid-19 di apotek ataupun rumah sakit. BUMN bersama Kemenkes dan BPOM terus memastikan produksi obat tetap berjalan dengan baik.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL