Menpora Pastikan PON XX Papua Aman dari Covid-19 Meski ada Atlet Terpapar

Written by on 6 October 2021

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memastikan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tetap berjalan lancar meski sejumlah atlet terpapar Covid-19. Menurut Menpora, atlet yang terpapar sudah ditangani dengan baik.

“Tersiar berita ada yang kena dan itu diketahui setelah mereka mau pulang, kalau yang begitu kan tidak akan mengganggu pertandingan. Jika memang itu terjadi saat pertandingan berlangsung, sudah ada langkah-langkah yang dilakukan panitia dan Satgas, mereka akan dipisahkan dengan yang lainnya, jika ada yang kontak, akan di tracing dan dikarantina,” kata Amali saat jumpa pers virtual, Rabu (6/10/2021).

Menurut Juru bicara Satgas Covid-19 Papua, dokter Silwanus Sumule sebelumnya mengkonfirmasi setidaknya 29 orang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Ke-29 orang itu terdiri dari atlet, ofisial, dan panitia PON Papua. Kasus tersebar pada empat lokasi penyelenggaraan PON XX Papua yakni di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika.

“Jadi secara umum tentang PON ini berjalan sesuai rencana, belum ada gangguan yang berarti atau signifikan yang membuat harus berhenti. Mudah-mudahan situasi seperti sekarang ini, keamanan kondusif, kemudian ada beberapa yang terkena, tetapi itu tidak mengganggu kelangsungan PON,” jelasnya.

Lebih lanjut, Amali menjelaskan bagaimana antisipasi agar tidak terjadi perluasan kasus Covid-19 pada penyelenggaraan PON Papua ini. Menurut Politisi Partai Golkar tersebut sudah ada cara-cara khusus menghadapi situasi tersebut.

Amali menambahkan kasus Covid-19 di PON Papua tidak akan meluas. Sebab, sebagian besar yang terlibat di dalam PON adalah atlet dan pelatih yang pola hidupnya terjaga.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL