Kagum Kerukunan di Sulut, Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Tomohon Sebagai Kota Toleransi

Written by on 22 November 2021

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, kagum dengan kerukunan dan kemajemukan yang ada di Sulawesi Utara (Sulut), dan sekaligus juga meresmikan pencanangan Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi di Hotel Sutan Raja, Minahasa Utara, Sulut, Jumat (19/11/2021).

Pencanangan Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi ini dilakukan saat Wapres Mar’ruf Amin membuka Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional (KONAS) Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) ke-6 se-Indonesia, di Hotel Sutan Raja, Minahasa Utara, Sulut, Jumat (19/11/2021).

“Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan Pekan Kerukunan Internasional Dan Konferensi Nasional FKUB KE-6 Se-Indonesia Tahun 2021 secara resmi dibuka, dan saya canangkan Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan pertolongan-Nya dan meridhoi setiap ikhtiar yang kita lakukan,” ujar Wapres Ma’ruf Amin.

Ma’ruf mengatakan dengan kondisi masyarakat Indonesia yang majemuk dan memiliki perbedaan latar belakang agama, suku, adat dan budaya, para pendiri bangsa (founding fathers) telah berhasil merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan kesepakatan (konsensus) nasional.

Menurutnya, hal ini dapat terwujud karena masing-masing pendiri negara memiliki rasa empati, toleran, dan tidak egois serta lebih mengedepankan kepentingan bersama dari pada kepentingan kelompoknya masing-masing.

Terkait hal ini, Ma’ruf mencatat bahwa masyarakat Sulut mampu merawat keutuhan bangsa dengan meneruskan jejak para founding fathers menumbuhkan nilai-nilai toleransi.

Untuk itu, Ma’ruf menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat Sulut yang telah berperan menciptakan kerukunan antar warga tanpa melihat latar belakang agama, suku, dan budaya.

“Saya bangga dengan masyarakat Sulawesi Utara yang selama ini dikenal sebagai masyarakat yang toleran,”puji Wapres.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL