[CEK FAKTA] Syarat Beli Minyak Goreng Hingga Minimarket Beri Hadiah Minyak Goreng 1 Kilogram

Written by on 1 March 2022

JAKARTA, RPK FM – Di tengah kelangkaan dan sulitnya mendapatkan minyak goreng, beberapa waktu lalu beredar di media sosial Instagram sebuah unggahan viral yang menyatakan pembelian minyak goreng program pemerintah wajib menyertakan Kartu Keluarga (KK) dan bukti vaksin.

Faktanya informasi tersebut salah.

Dilansir dari Hoax Buster covid19.go.id, menurut Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Solihin mengatakan pihaknya tidak pernah memberikan instruksi agar para ritel memberikan syarat-syarat tertentu untuk pembelian minyak goreng. Hal ini berlaku di semua ritel anggota Aprindo, baik minimarket sampai ke supermarket.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito juga menegaskan pemerintah pusat tidak pernah menetapkan syarat untuk warga menyertakan bukti vaksin dalam belanja kebutuhan sehari-hari.

Sementara itu, mengutip laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, sempat beredar sebuah unggahan media sosial mengenai salah satu perusahaan ritel Alfamart milik PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. Pada unggahannya disebutkan bahwa pada tanggal 28 Februari 2022 yang lalu Alfamart merayakan ulang tahun ke-22 dan disebutkan pula bahwa CEO Alfamart Djoko Susanto menyediakan hadiah berupa bucket berisi 100 kemasan minyak goreng dengan berat 1 Kg untuk  2 orang.

Faktanya, informasi pada unggahan yang menyebut Alfamart merayakan ulang tahun ke-22 dan menyediakan hadiah bucket 100 kemasan minyak goreng tersebut adalah tidak benar.

Pada media sosial resmi milik Alfamart ditegaskan bahwa unggahan tersebut adalah hoaks dan bukan merupakan informasi resmi yang berasal dari kanal media milik Alfamart.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL