Kemendikbud Ristek Tetap Terapkan PTM 100 Persen di Tengah Kasus Hepatitis Akut

Written by on 11 May 2022

JAKARTA, RPK FM –  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) tetap menerapkan 100 persen pembelajaran tatap muka (PTM) dalam kekhawatiran mengenai penyakit hepatitis akut yang menular pada anak-anak.

Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kemendikbud-Ristek Jumeri mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait pencegahan penularan virus penyebab hepatitis akut misterius di sekolah, yakni dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

“Hasil koordinasi dengan Kemenkes prokes yang ketat akan bisa digunakan untuk pencegahan menyebarnya virus, termasuk hepatitis,” ujar Jumeri seperti dikutip dalam keterangan Kompas.com, Rabu (11/5/2022).

Satuan pendidikan diimbau untuk menjaga kesehatan disaat PTM 100 persen dilakukan sesuai SKB 4 Menteri.

“Itu sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang pembelajaran selama pandemi Covid,” ungkap jumeri.

Diketahui, pemerintah telah menerbitkan SKB Mendikbudristek, Menag, Menkes dan Mendagri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Aturan itu mengatur pembukaan sekolah berdasarkan indikator kesehatan daerah dan level PPKM. Sekolah di daerah level 1 dan 2 boleh menyelenggarakan PTM hingga 100 persen. Syaratnya, 80 persen pendidik dan tenaga kependidikan sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Sebagai Informasi, berdasarkan data Kemenkes, hingga saat ini terdapat 15 kasus hepatitis akut terdeteksi pada anak di Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5 orang dilaporkan meninggal dunia dan sisanya masih dalam perawatan.

Kemenkes menyebut, kasus dugaan hepatitis akut misterius pada anak dilaporkan tersebar di berbagai wilayah, di antaranya:

  • DKI Jakarta (11)
  • Jawa Barat (1)
  • Jawa Timur (1)
  • Sumatera Barat (1)
  • Bangka Belitung (1)

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL