Peringati HUT RI ke-78, Rektor UKI: UKI Berkontribusi Positif dalam Pembangunan Bangsa untuk Indonesia Emas

Written by on 17 August 2023

Dengan mengenakan pakaian adat khas daerah, mahasiswa, tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan alumni Universitas Kristen Indonesia (UKI) mengikuti Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, tanggal 17 Agustus 2023 di Lapangan UKI, Cawang.

Upacara tersebut dihadiri oleh Rektor UKI Dhaniswara K. Harjono. Dalam sambutannya, Rektor UKI mengatakan bahwa tema peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 adalah “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

“Tema ini merefleksikan semangat Bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum ini untuk mewujudkan Indonesia Maju,” ucapnya.

Dhaniswara mengatakan tema-tema perayaan kemerdekaan selalu membangkitkan semangat untuk kerja, untuk bangkit, untuk Indonesia unggul, dan untuk Indonesia maju. “Semangat yang terus dipompakan ini bukanlah tanpa tujuan. Cita-cita bangsa kita sangat besar, sehingga dibutuhkan semangat besar untuk bersama-sama membangun, ” jelasnya.

Upacara nasional 17 Agustus juga selalu ditandai dengan pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang mengingatkan akan perjuangan para pahlawan bangsa yang telah mengorbankan jiwa raganya demi kemerdekaan. Pasukan pengibar bendera atau paskibra yang bertugas merupakan mahasiswa-mahasiswi perwakilan dari setiap fakultas di lingkungan UKI yang telah dikukuhkan oleh Rektor UKI pada tanggal 16 Agustus 2023.

Rektor UKI mengatakan dalam masa-masa persiapan menuju Indonesia Emas ini, UKI berkontribusi positif demi pembangunan bangsa, demi terwujudnya visi Indonesia Emas yang diarahkan pada perwujudan Indonesia yang maju, adil, dan makmur dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Mahasiswa diberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk menggali potensinya, mempersiapkan diri sebelum tongkat estafet pembangunan bangsa dan negara diberikan kepada mereka,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Dhaniswara mengingatkan sivitas akademika UKI, untuk tetap bergerak semangat dalam membangun almamater. “Semoga semangat Proklamasi terus membara di dada kita dalam berpartisipasi membangun bangsa dan membangun UKI untuk masa depan Indonesia,” tandasnya.

Di akhir sambutannya, Dhaniswara K. Harjono tak lupa mengucapkan selamat memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke -78. “Selamat merayakan hari kemerdekaan Indonesia ke-78 tahun dan selamat mengisi kemerdekaan dengan semangat membangun demi Indonesia maju. Mari terus melaju untuk UKI Unggul. Mari terus melaju untuk Indonesia Maju,” kata Dhaniswara.

UKI juga mengadakan berbagai perlombaan yang diikuti mahasiswa, dosen maupun tenaga kependidikan UKI antara lain lomba tumpeng, estafet kelereng, balap karung, tarik tambang, lari dengan sarung, dan tarik tambang.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL