Sehat Jiwa Di Puskesmas

Written by on September 7, 2020

Pada dasarnya tiap individu punya masalah yang bisa didiskusikan dengan psikolog. Mulai dari rasa cemas berlebih, tidak percaya diri, hingga depresi. Namun selama ini, terlalu banyak pandangan keliru bahwa hanya orang yang punya gangguan jiwa saja yang harus berobat ke psikolog. Padahal siapapun boleh melakukan konsultasi dengan tenaga ahli tersebut, demi menjaga kesehatan mentalnya. Stigma inilah yang berusaha dilawan Ayna Alifia Rahmah, anggota Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI). KPSI sendiri merupakan komunitas yang mendukung Orang Dengan Skizofrenia (ODS), keluarga/caregiver, dan orang-orang yang peduli dengan isu kesehatan jiwa.

Bekerja sama dengan RPK FM melalui program OBSESI, pada bulan Agustus 2020 yang lalu, Ayna mengajak M. Ari Wibowo, M.Psi., psikolog yang praktik di Puskesmas Kecamatan Matraman untuk berdiskusi mengenai layanan konsultasi psikologi yang kini sudah tersedia di beberapa puskesmas wilayah DKI Jakarta. Salah satunya adalah Puskesmas Kecamatan Matraman yang terletak cukup strategis di Jl. Pisangan Baru Timur No.2A, RT.4/RW.9, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur. Puskesmas ini meliputi kelurahan Pisangan Baru, Utan Kayu Selatan, Utan Kayu Utara, Kayu Manis, Pal Meriam dan Kebon Manggis. Selain Puskesmas Matraman, ada 6 puskesmas kecamatan lain yang menyediakan layanan konsultasi psikologi, yakni Puskesmas Pancoran, Kemayoran, Pasar Rebo, Kramat Jati, Mampang Prapatan dan Taman Sari. Layanan ini dibuka setiap hari Senin hingga Jumat pukul 07.30 – 16.00 WIB.

Ari mengungkapkan, dalam sehari ia menerima 4 klien dengan tiap sesi konsultasi dibatasi untuk 40 – 60 menit. Soal biaya, pastinya amat terjangkau. Dengan menyiapkan uang sejumlah Rp45.000, masyarakat sudah bisa ‘ngobrol’ dengannya. Namun jika menggunakan BPJS, biaya retribusi akan ditanggung sebesar Rp15.000. Untuk pasien baru, Ari akan melakukan screening dan konseling terlebih dahulu. Jika dirasa membutuhkan penanganan lebih, Ari akan merujuknya ke rumah sakit terdekat.

Ari juga menjelaskan kalau layanan psikolog di puskesmas lebih ditujukan untuk masyarakat yang membutuhkan tempat curhat. Puskesmas Matraman menyediakan support group & kelas self healing yang sudah berjalan dari November 2019. Ari bersama para klien, sebutan bagi orang yang berkonsultasi dengan psikolog, berkumpul untuk cerita, meditasi bersama, membuat karya seni yang bisa melatih diri dalam mengelola cemas dan depresi. Namun selama pandemi Covid-19, konsultasi dilakukan melalui chat online. Kelas self healing pun dilakukan seminggu sekali secara online agar klien dapat tetap terbantu untuk stabilisasi emosi dan pikirannya.

Ari berharap masyarakat bisa lebih meningkatkan wawasan tentang kesehatan mental, berlatih mengelola emosi (self healing) agar bisa menyelesaikan masalah diri sendiri tanpa harus ke psikolog. Namun jika mulai ada rasa cemas berlebih, tidak percaya diri, hingga depresi, jangan segan untuk meminta bantuan psikolog karena bisa menjadi serius jika tidak dibicarakan dengan ahlinya. Puskesmas sebagai lini terdepan juga diharapkan dapat menambah jumlah tenaga agar masyarakat semua golongan mendapat pelayanan psikologi.

Jika Anda membutuhkan layanan konseling dan berada di sekitar wilayah Matraman, bisa menghubungi nomor 081350546442 melalui chat online dan SMS atau mendatangi langsung Puskesmas Matraman untuk dijadwalkan bertemu dengan psikolog.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: