Sempat Diklaim Negara Lain, Begini Asal Usul Batik Sebenarnya

Written by on October 2, 2020

Pada bulan Juli 2020, warganet Indonesia dikejutkan dengan cuitan dari kantor berita Xinhua, kantor berita resmi asal Tionghoa, yang mengklaim bahwa batik adalah seni yang berasal dari China dan warisan budaya milik mereka. Klaim ini dicuitkan oleh Xinhua disertai dengan video proses pembuatan batik berdurasi 49 detik.

Namun, ini bukanlah pertama kalinya batik diklaim dari luar dan membuat heboh warganet Indonesia. Sebelumnya satu di antara finalis Miss Grand International 2018 dari Malaysia, Debra Jeanne Poh, mengunggah foto mengenakan cropped top bermotif batik parang. Baju ini merupakan karya Dona Plant Base, label batik di Malaysia. Postingan tersebut menuai banyak komentar dari warganet, baik dari Malaysia maupun Indonesia. Emosi warganet memuncak saat Miss Grand Malaysia 2017, Sanjeda John turut berkomentar dan mengklaim bahwa batik motif parang tersebut berasal dari Malaysia.

Lalu, bagaimana asal usul batik sebenarnya?

Mengutip Indonesia Baik yang dikelola Kementerian Informasi dan Teknologi (Kominfo), istilah batik berasal dari kosa kata bahasa Jawa yaitu amba dan titik. Oleh karena itu, batik secara historis disebut berasal dari suku Jawa. Keberadaan batik kemudian menjadi lumrah di masyarakat sejak kerajaan Majapahit di abad ke-17. Pada masa itu, corak batik ditulis-lukiskan pada daun lotar dan papan rumah adat Jawa. Awalnya, pola atau motif batik hanya didominasi oleh gambar tanaman atau binatang. Kemudian, penulisan batik pun mulai ditujukan pada media yang berbeda. Kain putih atau kain-kain berwarna terang menjadi pilihan utama karena dianggap lebih tahan lama dan bisa digunakan untuk pemanfaatan yang lebih banyak. Ketika itu, saat batik mulai dibuat pakaian, kain digambar menggunakan pewarna alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti daun jati, tinggi, mengkudu, pohon nila, dan soga. Sedangkan untuk bahan sodanya, para pembatik masa itu menggunakan soda abu dan tanah lumpur. Semakin terkenal, batik menyebar luas ke berbagai kerajaan lain di Indonesia. Akhirnya para pembesar kerajaan Mataram, Majapahit, Demak, dan lain-lain menjadikan batik sebagai simbol budaya.

Sejarah perkembangan batik tidak hanya berhenti sampai di situ. Di era sekarang, berbagai pernik pelengkap penampilan dalam kehidupan sehari-hari seperti tas, sepatu, dasi, hingga helm, juga sudah menggunakan batik sebagai motifnya. Bahkan, pakaian-pakaian sekolah, kedinasan, dan lain sebagainya juga menggunakan motif ini sebagai pilihan utama. Namun, meski dipakai untuk berbagai keperluan, batik memiliki corak yang amat beragam dengan makna yang berbeda-beda pula, misalnya makna keberuntungan, kemakmuran, ketegasan, dan lain sebagainya. Proses penggambaran batik ini menggunakan lilin panas yang dibentuk menjadi titik dan garis dan titik dengan alat khusus. Ada juga yang menggunakan teknik celup untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Banyaknya ragam corak batik Indonesia karena adanya pengaruh berbagai faktor, mulai dari kaligrafi Arab, karangan bunga Eropa burung merpati China, merak India, hingga bunga sakura Jepang. Namun di balik itu semua, batik Indonesia mencerminkan kreativitas dan keyakinan spiritual masyarakatnya.

Menurut laman situs web Intangible Cultural Heritage UNESCO, batik telah terdaftar sebagai warisan dunia yang berasal dari Indonesia. Batik Indonesia secara resmi diakui UNESCO dan dimasukkan ke dalam Daftar Representatif Budaya Non-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009. Penetapan UNESCO terhadap batik inilah yang menjadi dasar pemerintah Indonesia memperingati Hari Batik Nasional setiap 2 Oktober.

Setelah batik resmi dikukuhkan oleh UNESCO, diharapkan batik bisa diapresiasi oleh masyarakat Indonesia dengan memakai produk budaya sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari. Selamat Hari Batik Nasional!


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: