Hari Disabilitas Internasional Dinilai Positif Bangkitkan Semangat Penyandang Disabilitas

Written by on December 3, 2020

Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang jatuh dan diperingati hari ini, Kamis (3/12/2020) dinilai berhasil membangkitkan semangat kolaboratif berbagai sektor dalam mendorong produktivitas penyandang disabilitas agar membangun kembali kualitas kehidupan yang lebih baik, inklusif, dapat diakses dan berkelanjutan pascapandemi COVID-19.

Hal ini dikatakan Menteri Sosial (Mensos) RI Juliari P Batubara dalam kegiatan acara puncak HDI 2020 di Jakarta. “Kami harap semaraknya HDI dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia dan jadi momentum untuk terus membangun Indonesia yang lebih inklusif dan lebih maju,” kata Mensos yang mengatakan, secara umum Kementerian Sosial telah menyelenggarakan rangkaian acara peringatan HDI 2020 sejak 18 November lalu.

Tujuan dari kegiatan tersebut ialah untuk mendorong peningkatan upaya penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak para penyandang disabilitas. Dalam peringatan HDI 2020 yang bertemakan membangun kembali kehidupan yang lebih baik, lebih inklusif, lebih ‘accessible’ atau dapat diakses dan berkelanjutan pascapandemi COVID-19 ini diharapkan dapat meningkatkan layanan disabilitas ke arah digitalisasi.

Terdapat sejumlah rangkaian kegiatan yang diselenggarakan secara virtual dan menerapkan protokol kesehatan serta adaptasi kebiasaan baru masa pandemi COVID-19 di antaranya creative disabilities gallery, disabilities show dan disabilities award. Untuk kegiatan creative disabilities gallery, dapat diikuti melalui alamat website creativedisabilitiesgallery.com yang dibuat sebagai media untuk penyandang disabilitas dapat memasarkan produk serta karyanya.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
%d bloggers like this: