Pasca Banjir Bandang, 6 Jembatan Dibangun di NTB dan NTT

Written by on April 19, 2021

RPK FM, JAKARTA – Banjir bandang yang melanda wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (4/4/2021) yang lalu mengakibatkan sejumlah jembatan putus, mulai dari putus sebagian hingga putus total. Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) bekerjasama dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pembangunan jembatan berdasarkan tingkat kerusakan, seperti perbaikan tepi jembatan, pembangunan jembatan Bailey, hingga jembatan Acrow Panel.

Dikutip dari laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jembatan Bailey merupakan jembatan rangka baja pra-fabrikasi yang bersifat portabel. Sedangkan jembatan Acrow Panel  merupakan pengembangan dari jembatan Bailey dengan daya dukung besar dan pemasangan yang praktis. Dalam kondisi keadaan darurat, jembatan ini dinilai sesuai dari segi efektifitas karena mampu menampung berat beban hingga 10 ton.

Menurut laporan yang diterima BNPB hingga hari Minggu (18/4/2021), total ada 6 jembatan yang sudah dan sedang dibangun di wilayah NTB dan NTT. Sebanyak 3 jembatan terdapat di NTB dan 3 lainnya di NTT dengan perincian sebagai berikut :

Wilayah NTB

  1. Jembatan Woro sepanjang 7 meter telah rampung 100%
  2. Jembatan Rade sepanjang 20 meter dengan progres mencapai 80%
  3. Jembatan Campa sepanjang 10 meter dengan progres mencapai 20%

Wilayah NTT

  1. Jembatan Waiburak sepanjang 14,5 meter telah rampung 100%
  2. Jembatan  Riangmuko sepanjang 8,5 meter telah rampung 100%
  3. Jembatan Saisona sepanjang 8,5 meter telah rampung 100%

Adapun, pemasangan 6 jembatan sambil menunggu pembangunan jembatan permanen, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari serta mendukung konektivitas masyarakat. Pemerintah pun meminta masyarakat untuk segera melaporkan kepada kepala daerah setempat apabila ada informasi mengenai titik lokasi jembatan yang belum terdata.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL