Lebaran Di Rumah Aja? Siapa Takut!

Written by on May 6, 2021

JAKARTA, RPK FM – Larangan penggunaan atau pengoperasian transportasi baik di darat, laut, udara dan kereta api untuk kegiatan mudik mulai berlaku hari ini tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021. Moda transportasi yang mendapat pengecualian hanya untuk perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga yang meninggal, dan lain-lain, termasuk angkutan logistik (pengangkut kebutuhan pokok, barang untuk kegiatan ekonomi, obat-obatan, dan alat-alat kesehatan). Pelarangan dan pengecualian ini pun sudah diatur pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 13 Tahun 2021 dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

Dengan adanya larangan mudik ini tentu membuat Anda bingung untuk mengisi waktu libur tersebut. Berikut beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di rumah seperti dirangkum dari beberapa sumber :

Mendekorasi Rumah

Agar tidak bosan dengan suasana rumah yang sangat monoton, Anda bisa mendekorasi rumah dengan nuansa Lebaran yang dilakukan bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga. Carilah referensi dekorasi di internet yang sesuai dengan selera keluarga. Kemudian buatlah rincian barang apa saja yang dibutuhkan, seperti wallpaper, hiasan dinding, kerajinan dari kertas, atau tanaman hias. Jadwalkan juga waktu yang tepat untuk membersihkan dan mendekorasi rumah beberapa hari sebelum Lebaran.

Membuat Kue

Tidak ada salahnya mengajak anggota keluarga ke dapur untuk mempersiapkan makanan khas Lebaran, seperti kue kering. Anda dapat mencoba membuat kue Lebaran sesuai dengan selera. Tutorial cara membuat kue kering seperti nastar, kastangel atau putri salju dapat Anda lihat juga di internet.

Silaturahmi Virtual

Momen bersilaturahmi adalah hal yang tidak boleh terlewat sebagai salah satu kegiatan khas Lebaran. Namun di tengah pandemi, mengunjungi kerabat, keluarga, maupun teman dan bercengkerama bersama tidak dapat dilakukan dengan kontak langsung sebagai bagian dari protokol kesehatan. Anda dapat memanfaatkan teknologi video call menggunakan aplikasi online yang tersedia untuk bersilaturahmi bersama keluarga besar yang tinggal berjauhan. Isilah kegiatan video call dengan saling menanyakan kabar, maaf-maafan dan berbagi canda tawa.

Menonton Film

Daripada bosan dan mati gaya, kegiatan lain yang bisa dilakukan bersama di rumah adalah menonton film. Biasanya, saat Lebaran ada banyak film-film bioskop yang ditayangkan di televisi atau juga bisa menontonnya dari aplikasi online yang tersedia. Anda bisa siapkan alat-alat yang mendukung untuk membuat ruangan seperti di bioskop, memilih film-film yang disukai oleh anggota keluarga atau bisa juga mencoba memilih film secara acak, dan tentunya ajak anggota keluarga Anda untuk menonton film bersama. Ketika menonton film Anda juga bisa makan cemilan/kue lebaran yang sudah dibuat sebelumnya.

Main Game

Bermain game bersama teman atau saudara sangatlah menyenangkan. Anda bisa menggunakan smartphone untuk mengunduh berbagai jenis game kesukaan untuk dimainkan. Kegiatan ini bisa membuat suasana menjadi seru dan hangat serta membuat Anda menjadi lebih dekat dengan keluarga. Beberapa game yang bisa dicoba antara lain quiz online, board games seperti monopoli, ular tangga, atau scrabble, hingga permainan kartu.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL