Survei Serologi: Separuh Warga DKI Jakarta Pernah Terinveksi Covid-19

Written by on July 11, 2021

Jakarta, RPK FM – Survei  serologi  yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Tim Pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI), Lembaga Eijkman, dan Centers for Disease Control (CDC) Indonesia, mengeluarkan hasil yang cukup mencengangkan, hampir separuh warga DKI Jakarta atau sekitar 44,5% dari total populasi 10,6 juta penduduk pernah terinveksi virus corona.

Dapat diartikan temuan data ini memperlihatkan bahwa sebanyak 4.717.000 orang penduduk Jakarta dari berbagai lapisan umur telah terjangkiti virus corona Covid-19. Data tersebut dipaparkan dalam Konferensi Pers Diseminasi Hasil Survei Serologi Covid-19 secara daring, pada Sabtu (10/7), dimana survei serologi berbasis populasi tersebut dilaksanakan dengan metode sampling, pada kurun waktu 15 Maret -31 Maret 2021.

“Melalui survei serologi ini, kami dapat memperkirakan proporsi warga Jakarta yang pernah terinfeksi oleh virus SARS CoV-2, baik yang teridentifikasi / terkonfirmasi oleh tes PCR maupun yang tidak,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, yang menjelaskan, survei serologi merupakan teknik berbasis imunologi yang bertujuan untuk mengukur respons imun tubuh terhadap suatu antigen dari sediaan darah seseorang.

Sementara itu Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, menegaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta sejak awal menggunakan pendekatan saintifik dari para ilmuan di bidangnya sebagai dasar pengambilan keputusan dan penanganan pandemi Covid-19 di Jakarta termasuk mendukung pelaksanaan survei serologi ini.

“Kami di DKI Jakarta sejak awal masa pandemi ini mempercayakan arah kebijakan pada pendekatan saintifik dan ilmuwan di bidangnya. Kami menggunakan rujukan pada data-data, merujuk pada pendekatan ilmiah, dan transparansi jadi kata kunci yang kita pegang sejak awal. Karena itu, kami dalam setiap aspek kebijakan selalu berkonsultasi, bertukar pikiran,” jelas Gubernur Anies.

Selain itu, menurut Gubernur Anies, penanganan dan perkembangan pandemi corona di Jakarta dapat menjadi referensi bagi daerah lain bahkan bagi kota-kota lain di dunia. Pemprov DKI Jakarta akan mendukung penuh berbagai metode ilmiah, termasuk penelitian, survei dan pengambilan data di tingkat mikro.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL