Pemprov DKI Jakarta Mulai Transfer BST Hari Ini

Written by on 19 July 2021

Jakarta, RPK FM – Bantuan sosial tunai (BST) yang diberikan untuk warga terdampak pandemi Covid-19 di DKI Jakarta direncanakan cair hari ini (19/7/2021). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, melalui bantuan ini warga DKI bisa memenuhi kebutuhan dasar dan meningkatkan taraf hidup terlebih dalam masa PPKM darurat yang masih terus berjalan.

BST yang disalurkan mulai hari ini didapatkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Menurut Anies, setiap keluarga yang berhak akan menerima transfer dana langsung melalui rekening kepala keluarga (KK) penerima.

“Yang dari Pemprov DKI transfer akan dilakukan besok (hari ini) melalui rekening penerima sehingga mereka langsung bisa menerima di rekeningnya masing-masing,” ungkap Anies Baswedan di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (18/7/2021).

Dalam program ini pemprov DKI Jakarta menyiapkan anggaran sebesar Rp 645 miliar. Perincian BST kali ini berasal dari APBD DKI Jakarta, dan sebesar 837.000 KK berasal dari Kementerian Sosial atau pemerintah pusat. 

BST sebesar Rp 600 ribu selama 2 bulan disalurkan melalui rekening Bank DKI. Selain BST, Anies memastikan penyaluran bantuan sosial lainnya juga akan bergulir di DKI Jakarta. Penyaluran akan dilaksanakan bersama jajaran Polda Metro Jaya dan Pangdam Jaya.

“Kami di Jakarta Forkompinda ini kompak datanya sama vaksinasi sama, target sama, bansos rujukan datanya sama sehingga targetnya pun tidak beririsan. Kita pastikan ini berjalan dengan baik mulai besok seluruh kegiatan akan berjalan termasuk pembagian beras mulai besok,” tegas Anies.

Saat ini tercatat 1.007.379 KK terdaftar sebagai penerima BST Pemprov DKI Jakarta. Perinciannya, 55.346 KK di Jakarta Pusat, 210.344 KK di Jakarta Utara, dan 79.346 KK di Jakarta Barat.
Kemudian 160.733 KK di Jakarta Selatan, 497.490 KK di Jakarta Timur, dan 4.120 KK di Kepulauan Seribu. Selain melalui Bank DKI, penyaluran BST yang bersumber dari pemerintah pusat dilakukan melalui PT Pos Indonesia.

Bagi warga yang ingin melakukan pengecekan BST bisa melalui laman web corona.jakarta.go.id pada kolom bantuan sosial menggunakan nomor kartu keluarga (KK).


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL