Cek Jadwal Pencairan Kuota Internet Gratis Terakhir di 2021

Written by on November 3, 2021

JAKARTA, RPK FM –  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  (Kemdikbud Ristek) RI, kembali menyediakan bantuan kuota internet gratis untuk siswa maupun pengajar dalam menjalani kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau pembelajaran secara daring. Target penerima manfaat ini 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru, dan dosen di seluruh Indonesia.

Bantuan kuota internet gratis Kemendikbud Ristek ini disalurkan selama tiga bulan, terhitung September, Oktober, dan November. Berbeda dengan bantuan paket internet tahun lalu, kali ini hanya tersedia kuota umum saja.

Kuota Kemendikbud Ristek pada bulan ini akan cair mulai 11-15 November 2021, serupa jadwal tanggal pencairan pada bulan-bulan sebelumnya.

“Kami akan menyalurkan bantuan subsidi kuota data internet ini pada 11-15 September, 11-15 Oktober, dan 11-15 November 2021. Kuota data ini berlaku 30 hari sejak diterima,” ungkap Nadiem Anwar Makarim, Mendikbud Ristek.

Syarat penerimaan bantuan kuota Kemendikbud Ristek 2021

  • Terdaftar pada aplikasi Dapodik, untuk pelajar dan guru pendidikan dasar dan menengah.
  • Terdaftar pada aplikasi PDDikti, untuk mahasiswa dan dosen
  • Memiliki nomor HP yang aktif
  • Jika penggunaannya nol bytes atau di bawah 1 GB, maka bantuan akan dihentikan pada bulan ketiga dari masa program

Besaran Bantuan Kuota Data Internet Kemendikbudristek 2021

  • Peserta Didik jenjang PAUD sebesar 7 GB/bulan
  • Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah sebesar 10 GB/bulan
  • Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidik Dasar dan Menengah sebesar 12 GB/bulan
  • Dosen dan Mahasiswa sebesar 15 GB/bulan

Bantuan kuota internet gratis Kemendikbud Ristek ini akan disalurkan langsung kepada nomor telepon pelajar dan pengajar yang sudah terdaftar di sistem data pokok pendidikan (Dapodik) dan PDDikti.

Kuota ini bisa dipakai untuk mengaskses semua situs dan aplikasi, kecuali yang diblokir oleh Kominfo terkait program kuota internet gratis Kemendikbud Ristek. Medsos yang diblokir antara lain Facebook, Instagram, Pinterest, Snackvideo, Snapchat.

Kemudian sejumlah game yang diblokir antara lain Garena Free Fire, Garena AOV, FIFA Mobile Football, Clash of Clans, Mobile Legends, PUBG, Roblox. Kuota ini juga tidak bisa untuk mengakses aplikasi video seperti TikTok, Viu dan Netflix.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Continue reading

RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL