Pemerintah Pastikan Vaksinasi Anak Aman dan Lindungi dari Covid-19

Written by on December 15, 2021

Pemerintah Indonesia melalui Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, meminta para orang tua tak perlu ragu karena vaksinasi anak aman dan bisa melindungi mereka dari Covid-19.

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun akan dimulai pada 24 Desember.Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, pemberian vaksin Covid-19 untuk usia 6-11 tahun sudah melalui kajian yang matang. Selain itu, pemerintah juga sudah melakukan uji klinis.

“Keputusan memulai vaksinasi sudah dipastikan dari sisi keamanannya serta manfaat perlindungan yang akan didapat, jadi jangan ragu untuk segera divaksin, selain itu juga melengkapi imunisasi rutin lainnya,” kata Siti Nadia Tarmizi, Ahad (13/12).

Siti Nadia mengatakan, vaksinasi usia 6-11 tahun itu merupakan salah satu bagian pengendalian laju penularan Covid-19. “Untuk kita tekan terus, sehingga keluar dari pandemi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun itu sedang difinalisasi. Kemudian, kata dia, sosialisasinya juga sedang dilakukan. Di samping itu, dia mengatakan saat ini juga sedang dilakukan finalisasi petunjuk teknis sosialisasi kepada seluruh vaksinator secara berjenjang dari dinas kesehatan provinsi, kabupaten, dan kota.

“24 Desember adalah pelaksanaan pengaturan pengendalian Covid-19 selama Nataru,” tuturnya.

Adapun teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun itu disesuaikan dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 66/2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 Pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022. “Sesuai kriteria Inmendagri dan pada kabupaten kota yang mencapai target vaksinasi dan juga yang sudah siap,” imbuhnya.

Sedangkan merek vaksin Covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun itu adalah Sinovac. Karena, kata dia, baru Sinovac yang telah mengantongi izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk vaksinasi Covid-19 usia 6-11 tahun.

“Sudah kita lakukan ada 6,4 juta vaksin dan kita mendorong vaksin Sinovac ditujukan untuk anak usia 6-11 tahun dan sasaran lainnya dapat menggunakan vaksin Sinovac, jadi kita prioritas pada anak,” ungkapnya.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL