Dimulai Hari Ini, Simak Jadwal dan Cara Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022

Written by on 23 March 2022

JAKARTA, RPK FM –  Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) resmi dibuka mulai hari ini, Rabu (23/3/2022) dan akan berlangsung hingga 15 April 2022.

SBMPTN merupakan jalur bagi siswa kelas 12 untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang seleksinya dilakukan secara nasional. Keikutsertaan dalam UTBK ini merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN. UTBK 2022 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2020, 2021, dan 2022 dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2022.

Melalui SBMPTN, perguruan tinggi bisa menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu berdasarkan hasil UTBK dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui akun Instagram resminya @ltmptofficial mengimbau khusus untuk calon mahasiswa program studi bidang Seni dan Olahraga diminta untuk menyiapkan portofolio.

“Persiapkan Pendaftaran UTBK-SBMPTN dengan baik, yaitu dengan menentukan pilihan prodi dan persiapkan portofolio bagi #CalonMahasiswaIndonesia yang akan memilih prodi Bidang Seni dan Olahraga,” tulis LTMPT di akun Instagramnya (22/3/2022).

Adapun bagi calon mahasiswa jalur UTBK SBMPTN ini terdapat biaya yang harus dibayarkan sesuai dengan kelompok ujian yang dipilih. Kendati demikian, biaya pendaftaran ini tidak dibebankan kepada calon mahasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Berikut informasi lengkap terkait jadwal serta cara pendaftaran yang perlu diperhatikan dalam SBMPTN yang dikutip dari laman LTMPT:

Jadwal UTBK-SBMPTN 2022

  1. Registrasi akun LTMPT: 14 Februari-17 Maret 2022
  2. Sosialisasi UTBK-SBMPTN: 1 Desember 2021-15 April 2022
  3. Pendaftaran UTBK-SBMPTN: 23 Maret-15 April 2022
  4. Pelaksanaan UTBK Gelombang I: 17-23 Mei 2022
  5. Pelaksanaan UTBK Gelombang II: 28 Mei-3 Mei 2022
  6. Pengumuman UTBK: 23 Juni 2022
  7. Masa unduh Sertifikat UTBK: 25 Juni-31 Juli 2022.

Cara Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022

  1. Registrasi akun LTMPT
    Untuk registrasi, semua calon pendaftar UTBK-SBMPTN wajib menggunakan NISN, NPSN, dan tanggal lahir.
  2. Login
    Login menggunakan akun LTMPT di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  3. Verifikasi dan validasi data
    Isi biodata, unggah pasfoto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.
  4. Memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN
    Melengkapi biodata, memilih program studi, mengunggah portofolio (jika diperlukan), memilih pusat UTBK PTN (tempat Anda melakukan ujian), dan mendapatkan slip pembayaran.
  5. Membayar di Bank
    Pembayaran biaya pendaftaran UTBK-SBMPTN dilakukan di bank Mitra (Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI) menggunakan slip pembayaran paling lambat 2×24 jam.
  6. Mencetak kartu peserta UTBK-SBMPTN

Untuk mencetak kartu peserta, login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id. Lalu pilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN untuk mencetak Kartu Peserta UTBK.

Berikut bidang yang akan diujikan di UTBK-SBMPTN 2022:

  1. Tes Potensi Skolastik (TPS)
    TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.
    Dalam TPS, materi yang akan diuji meliputi: Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif (pengetahuan dan matematika dasar), Pengetahuan dan Pemahaman Umum & Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.
  2. Tes Kemampuan Bahasa Inggris
    Tes ini untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris peserta yang nantinya diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.
  3. Tes Kemampuan Akademik (TKA)
    TKA digunakan untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi.
    Materi TKA akan berbeda-beda untuk tiap kelompok ujian.
  • Kelompok ujian sains dan teknologi (Saintek): Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi Alokasi waktu 195 menit.
  • Kelompok ujian sosial dan humaniora (Soshum): Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Alokasi waktu 195 menit.
  • Kelompok ujian campuran (Saintek dan Soshum): Materi ujian TKA Saintek, dan TKA Soshum. Alokasi waktu 285 menit.

Adapun biaya yang harus dibayarkan oleh peserta UTBK ke bank-bank mitra adalah Rp 200.000-Rp 300.000 (tergantung kelompok ujian yang diambil). Untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum, biayanya adalah Rp 200.000, sedangkan kelompok ujian campuran, biayanya sebesar Rp 300.000. Untuk diketahui, biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL