Waspada Skimming, Berikut Tips Aman Melakukan Transaksi di ATM

Written by on March 29, 2022

JAKARTA, RPK FM –  Aksi pembobolan rekening dengan metode skimming atau pencurian informasi kredensial pengguna ATM kembali terjadi beberapa waktu yang lalu. Pemilik akun @hebosto di Twitter menyampaikan uang sebesar Rp 135 juta hangus melalui penarikan ATM.

Pakar keamanan siber sekaligus pendiri Ethical Hacker Indonesia Teguh Aprianto menjelaskan beberapa mesin ATM yang berisiko sudah dieksploitasi orang jahat. Ia mengatakan mesin ATM yang ada di lokasi yang sepi, misalnya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), menjadi sasaran empuk para penjahat kartu ATM.

“Mesin ATM yang selama ini paling rawan skimming itu biasanya yang di tempat sepi dan juga SPBU. Jadi ketika melakukan transaksi menggunakan kartu di tempat-tempat tersebut sebaiknya hati-hati,” ujar Teguh lewat Twitter pribadinya, Minggu (27/3/2022).

Teguh menjelaskan cara kerja mesin ATM yang sudah ditempeli skimmer atau perangkat yang bisa menyalin kombinasi Personal Identification Number (PIN) biasanya terdapat di bagian mulut tempat nasabah memasukkan kartu.

Menurutnya, ada sebuah alat yang dipasang untuk merekam data kartu nasabah. Kemudian di bagian atas penutup tombol ATM diletakkan kamera untuk menangkap kombinasi PIN pada kartu ATM.

“Cara kerja skimming itu di bagian mulut tempat kamu masukin kartu dipasang sebuah alat untuk untuk merekam data kartu kamu. Lalu di bagian atas penutup tombol ATM diletakkan kamera untuk meng-capture pin ATM kamu,” tegasnya.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah Skimming :

  1. Tutupi tangan saat memasukan PIN Biasakan untuk menutup tangan saat memasukan PIN ke mesin ATM.
    Hal ini mencegah pelaku mengetahui PIN ATM melalui rekaman spy camera. Selain di mesin ATM, biasakan juga untuk menutup tangan saat memasukan PIN di mesin EDC ataupun di tempat lain.
  2. Periksa mesin ATM yang akan digunakan Biasakan untuk memeriksa mesin ATM sebelum memasukkan kartu. Apabila melihat ada benda atau alat mencurigakan, sebaiknya nasabah tidak menggunakan mesin ATM tersebut dan melaporkannya ke Halo BCA 1500 888.
  3. Perhatikan lokasi mesin ATM
    Pelaku skimming adalah yang biasanya lebih mengincar ATM yang berlokasi di daerah yang sepi dan yang tidak diawasi dengan ketat. Maka, sebaiknya pastikan ATM yang akan digunakan diawasi oleh CCTV dan berlokasi di tempat yang aman.
  4. Ganti PIN secara berkala
    Untuk mencegah pelaku membobol ATM, ada baiknya nasabah mengganti PIN Kartu secara berkala.
  5. Ganti kartu ATM menjadi kartu berbasis chip
    Modus skimming adalah mengambil data dari strip magnetik kartu, dengan menggunakan kartu berbasis chip maka nasabah akan lebih terlindungi dari modus skimming ini. Kartu berbasis chip lebih aman karena data yang berada dalam chip terenkripsi sehingga tidak dapat dibaca saat kartu melalui skimmer.
  6. Transaksi Tanpa Kartu (Cardless)
    Sejumlah layanan perbankan saat ini sudah menyuguhkan fitur cardless agar nasabah tak perlu melakukan aktivitas memasukkan kartu ke mesin ATM.
    Pengguna biasanya diberi sejumlah kode agar bisa mengambil uang di mesin ATM. Kode itu didapat dari aplikasi mobile banking pada smartphone.

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL