Pastikan Keamanan Gereja Jelang Paskah 2023 Aman, BNPT Turun Tangan

Written by on 6 April 2023

Dalam upaya memastikan keamanan Gereja saat Jumat Agung dan Minggu Paskah, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menegaskan pihaknya turun tangan langsung untuk melakukan pengecekan juga asesmen terhadap tempat ibadah saat Paskah, termasuk di wilayah Jakarta.

Hal ini dikatakan Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Nisan Setiadi. “Ya pasti (cek pengamanan gereja). Kita melaksanakan kegiatan tersebut dan mengantisipasinya,” katanya saat menyambangi Balai Kota DKI Jakarta, seperti dirilis Kompas, Selasa (28/3/2023).

Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan keamanan rumah ibadah dari ancaman terorisme saat hari paskah. “Kami bakal asesmen tempat ibadah (gereja), yang rawan terjadinya tindakan yang mengarah ke menganggu keamanan.” Ditambahkan juga bahwa asesmen dapat dilakukan secara umum. “Kami akan melakukan asesmen tempat-tempat fasilitas publik, objek vital strategis, maupun pusat keramaian supaya Jakarta aman, karena ini kan barometer,” tambah Nisan.

Semua ini, lagi menurut Nisan dilakukan secara menyeluruh oleh BNPT untuk mengantisipasi terorisme, dan dalam prosesnya jugaakan bekerja sama aparat keamanan Polri dan TNI. “Mulai dari depan ada sarana prasarananya ada CCTV dan lain sebagainya. Kemudian, ada beberapa regulasi untuk memenuhi persyaratan itu supaya jangan ada orang-orang yang bisa membuat situasi menjadi tidak aman,” ujar Nisan.

( Daniel Tanamal )


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL