Soal Kompleksitas Masalah Kesehatan, Ini Himbauan Presiden

Written by on February 14, 2019

Untuk menurunkan kompleksitas masalah kesehatan di Indonesia yang tak bisa dihindarkan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kesehatan, meratakan akses masyarakat terhadap fasilitas kesehatan, dan pemenuhan SDM kesehatan.

Bahkan Presiden RI Joko Widodo sendiri menghimbau agar semua pihak mau menyadari bahwa berbagai masalah kesehatan di Indonesia adalah tanggung jawab bersama. Setidaknya hal utama itulah yang disampaikannya saat membuka Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2019, Selasa (12/2) di Tangerang, Banten.

“Negara kita negara besar dengan tantangan dan persoalan yang beda. Inilah tanggungjawab bersama untuk menyelesaikan tantangan itu,” katanya, seperti dilansir Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI.

Seperti diketahui, kompleksitas masalah kesehatan di Indonesia tak bisa dihindarkan selain berkaitan dengan pengetahuan masyarakat, SDM dan Fasilitas kesehatan, juga letak geografis indonesia.

Dalam Rakerkesnas itu, Jokowi sempat berdialog dengan sejumlah peserta dari perwakilan kota/kabupaten. Dalam dialog tersebut, ada beberapa masalah di daerah yang disampaikan kepada Jokowi, seperti di daerah Yogyakarta, masalah kesehatan di sana yang masih besar angkanya adalah stunting, dan anemia remaja. Angka anemia remaja sekitar 34%.

Fakta permasalahannya adalah pola gaya hidup remaja yang takut konsumsi banyak makanan karena takut gemuk. Sehingga asupan gizi dan zat besi berkurang.Namun, pemerintah Yogyakarta dalam hal ini Dinkesnya telah melakukan sosialisasi ke setiap sekolah, Posyandu, Posbindu terkait gizi dan pemberian zat besi.

Beberapa masalah didaerah lainnya adalah di Kabupaten Halmahera, Maluku Utara dengan HIV-nya, Kutai Barat dengan  kekurangan tenaga medis di Puskesmas-nya, dan Kabupaten Natuna, mengenai hipertensi.

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: