Lakukan PPKM, Pemerintah Minta Masyarakat Tidak Panik

Written by on January 7, 2021

JAKARTA, RPK FM – Pemerintah melalui Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto meminta agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), yang akan dilakukan di sejumlah wilayah di Indonesia, mulai 11 Januari hingga 25 Januari 2021.

Hal ini ditegaskan Airlangga dalam acara PRSSNI Ngobrol dengan Airlangga Hartarto, Kamis (7/01/2021). “Masyarakat tidak perlu panik dan tetap tenang, karena ini perlu saya tegaskan, pertama, bukan pelarangan kegiatan masyarakat, dan kebijakan ini diambil karena mengikuti perkembangan situasi pandemi yang ada,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, kebijakan ini akan menerapkan work from home (WFH) dengan prosentase sebesar 75 persen, juga pusat perbelanjaan seperti mall yang dibatasi sampai pukul 19.00. Sementara itu aktivitas di restoran diperbolehkan dengan kapasitas 25 persen, juga kapasitas tempat ibadah hanya 50 persen. Selain itu diatur juga, fasilitas umum dan kegiatan sosial dihentikan sementara, dan serta transportasi umum akan diatur oleh daerah masing-masing.

“Perlu diingat sekali lagi, ini pembatasan, bukan pelarangan. Pemerintah selalu memperhatikan kebutuhan masyarakat, dan juga keselamatan adalah hal yang utama. Juga pemerintah selalu memperhatikan kehidupan ekonomi masyarakat. Protokol kesehatan wajib dijalankan selama masa pandemi ini berlangsung, dan dimana setelah vaksin sudah diberikan pun, protokol akan terus berjalan,” tutupnya.

Beberapa informasi kebijakan lainnya yang disampaikan adalah mengenai beberapa kriteria yang diberlakukan pada suatu daerah untuk membatasi kegiatan masyarakat. Seperti tingkat kematian akibat Covid-19 di atas 3 persen,  tingkat kesembuhan di bawah 82 persen, tingkat kasus aktif di bawah rata-rata sekitar 14 persen, dan tingkat keterisian rumah sakit di atas 70 persen.

Acara ini diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), bekerjasama dengan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCEN), dan dimoderatori oleh Gaib M, Sigit dan juga digawangi oleh Wakil Sekretaris Umum PRSSNI, Praditya Sutrisno.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
%d bloggers like this: