Mengenal STRP, Barang Wajib yang Dibawa Pekerja Selama PPKM Darurat

Written by on July 6, 2021

JAKARTA, RPK FM – Dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membatasi mobilitas masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi mobilitas adalah menyekat akses keluar-masuk Jakarta.

Pekerja sektor non-esensial juga diminta 100 persen work from home (WFH). Bagi para pekerja sektor esensial, kritikal, dan individu yang memiliki keperluan mendesak, mereka harus memiliki surat tanda registrasi pekerja (STRP) apabila ingin masuk kawasan Jakarta dan bisa melintasi penyekatan.

Dalam informasi Pemprov DKI di akun Instagram @dkijakarta, STRP berlaku bagi pekerja sektor esensial, sektor kritikal, hingga perorangan dengan kebutuhan mendesak seperti kunjungan sakit, kunjungan duka/antar jenazah, hamil/bersalin, pendamping ibu hamil/bersalin.

Tanpa STRP, meskipun sektor pekerjaannya dibidang esensial dan kritikal, maka tak akan diizinkan masuk Jakarta. 

Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran kasus Covid-19 di DKI Jakarta, seperti yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi, Andri Yansyah.

“Ini kan sebagai kartu kendali untuk perusahaan-perusahaan, perkantoran-perkantoran yang memang masuk ke DKI betul betul pekerja yang masuk sektor kritikal dan sektor esensial,” tegas Andri dalam siaran langsung di RPK FM (05/07/2021).

Namun masyarakat masih mengalami kendala, terutama dalam mengakses laman pembuatan STRP. Andri menjelaskan hal ini adalah wajar terjadi, masyarakat bisa melaporkan kendala melalui laman pengajuan keluhan di JakEvo.

“silahkan bisa laporkan ke CRM, ini bagian daripada untuk merespon aspirasi masyarakat untuk pembenahan yang lebih canggih lagi kedepannya,” tegas Andri.

Dirinya juga menjelaskan, kedepan akan kembali dilakukan perbaikan dalam sistem online agar masyarakat bisa semakin mudah mendapatkan informasi yang diinginkan. Sementara untuk masyarakat yang masih bisa melakukan pekerjaan dari rumah dan tidak termasuk sektor esensial dan kritikal, Andri menyarankan untuk tetap dirumah.

“Aturan aturan yang kita terapkan adalah bukan kepentingan pemerintah, tetapi ini adalah untuk kepentingan bersama dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kita tidak akan bisa mencapai apa yang kita inginkan kalau tidak mendapat dukungan dari masyarakat secara luas,” tegas Andri.

STRP bisa dibuat melalui situs jakevo.jakarta.go.id , sebagaimana dengan ketentuan :

1. Pekerja Esensial dan Kritikal (perjalanan dinas & rutinitas kantor) dengan syarat :

  • KTP pemohon
  • Surat tugas dari perushaan (rombongan dapat melampirkan nama, nomor KTP, foto, alamt tempat tinggal, dan alamat yang dituju).
  • Sertifikat vaksin (masa transisi 1 minggu dari diumumkan/surat pernyataan vaksin dalam waktu dekat).
  • Foto 4×6 berwarna (rombongan wajib melampirkan di lampiran surat tugas)

2. Perorangan dengan kebutuhan mendesak :

  • KTP pemohon
  • Sertifikat vaksin (masa transisi 1 minggu dari diumumkan/surat pernyaraan vaksin dalam waktu dekat)
  • Foto 4×6 berwarna.

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL