Pemerintah Imbau Halal Bihalal Idulfitri Tanpa Makan Minum

Written by on 19 April 2022

JAKARTA, RPK FM –  Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) Airlangga Hartarto mengimbau masyarakat agar tidak menggelar kegiatan makan dan minum saat acara halal bihalal pada Idulfitri 1443 Hijriah.

Airlangga mengungkapkan hal ini sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang disampaikan dalam rapat terbatas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Istana Merdeka, Jakarta, bersama para menteri.

“Bapak Presiden memberikan catatatan terkait kegiatan menjelang lebaran, terutama untuk kegiatan halal bihalal diselenggarakan dengan protokol kesehatan dan diimbau untuk tidak ada makan minum,” kata Airlangga dalam konferensi pers, Senin (18/4/2022).

Upaya ini menurutnya dilakukan untuk meminimalisasi potensi penularan Covid-19 yang sampai saat ini masih terjadi di tengah masyarakat.

Namun jika tetap ingin menggelar makan dan minum pada halal bihalal saat Lebaran nanti, Presiden, ungkap Airlangga, meminta agar dilaksanakan dengan penerapan jarak.

“(Kalaupun ada) makan dan minum pun harus sesuai dengan jarak dan tempat,” tegasnya.

Menko Perekonomian dan juga Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali ini melanjutkan, seluruh kegiatan di tempat hiburan atau fasilitas publik boleh dilakukan asal masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Begitu pula agenda kegiatan publik harus disesuaikan dengan aturan PPKM daerah terkait kapasitas operasional dan sebagainya.

Sebelumnya Presiden Jokowi telah mengizinkan masyarakat untuk mudik Lebaran, setelah dua tahun aturan larangan mudik diberlakukan karena pandemi Covid-19.

Pemerintah juga telah menetapkan libur panjang, yakni libur nasional Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan cuti bersama Idulfitri pada 29 April, 4, 5, 6 Mei 2022.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL