Swiss: Calon Kuda Hitam Piala Dunia 2018

Written by on 23 January 2018

Usai mendapat restu Dewi Fortuna di babak kualifikasi, Swiss pun menatap putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia dengan penuh antusias. Keunggulan agregat dengan Irlandia Utara di babak kualifikasi membawa Swiss kembali ke putaran final Piala Dunia seperti 4 tahun silam. 

Berada di posisi ke 8 peringkat FIFA, menandakan tim nasional Swiss bukan tim sepele. Kehadiran La Nati (julukan Swiss yang berarti The National) di Rusia didukung oleh stok pemain muda yang potensial membuat tim lawan frustasi. Coba saja, pemain terbaik Swiss 2017 juga pemain tengah (midfielder) Arsenal, Granit Xhaka, yang kali ini dipercaya memegang ban kapten. Penampilan Xhaka cukup cemerlang mengoordinir laju bola di lapangan tengah Swiss kala berlaga di Piala Dunia Brazil 2014. Belum lagi, bintang tengah lainnya asal Bayern Muenchen, Xherdan Shaqiri.

Selain untuk para pemain, putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia mendatang juga menjadi momen emas pelatih Swiss asal Bosnia, Vladimir Petkovic. Melatih Swiss usai gagal di Piala Dunia Brazil 2014, Petkovic bakal mencicip debut piala dunianya di Rusia mendatang.

Swiss berada di Grup E bersama Brasil, Kosta Rika, dan juga Serbia. Dibandingkan Kosta Rika dan Serbia, Brasil tentu menjadi lawan cukup tangguh. Apalagi melihat performanya di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Serikat.

Mampukah Swiss sukses di Rusia, atau minimal mengulang sukses tiga kali menjajal babak perempat final Piala Dunia 1934, 1938 dan 1954?

Salam Sepak!


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL