Positif COVID-19, Ini Prosedur Agar Dapat Layanan Telemedisin Gratis

Written by on February 21, 2022

JAKARTA, RPK FM – Demi meningkatkan angka kesembuhan dari COVID-19, kini Pemerintah menyediakan tiga Hotline resmi untuk mendapatkan layanan telemedisin gratis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Bagi masyarakat terkonfirmasi positif, namun belum mendapatkan layanan tersebut, dapat menghubungi Whatsapp resmi Kemenkes RI di 081110500567, atau melalui E-mail sertifikat@pedulilindungi.id dan Call Center di nomor 119 ext. 9.

Layanan telemedisin gratis Kemenkes dapat diakses bagi masyarakat yang melakukan tes PCR/Antigen di faskes atau laboratorium yang terafiliasi dengan sistem NAR Kemenkes dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Karawang, Bandung, Semarang Raya, Surakarta Raya, Kota Yogyakarta, Surabaya Raya, Malang Raya, Kota Denpasar, dan Nusa Dua.

Melansir laman resmi Sehat Negeriku Kemenkes RI, saat ini layanan telemedisin untuk masyarakat yang isoman baru tersedia di Pulau Jawa dan Bali, dan akan diperluas hingga Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid., mengatakan bahwa layanan telemedisin terus ditingkatkan dan diperluas agar masyarakat yang isoman dapat memperoleh pengobatan yang baik.

Sebelumnya, menurut penuturan Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan, Setiaji, layanan telemedisin isolasi mandiri tidak hanya berlaku bagi masyarakat dengan hasil tes PCR positif, kini layanan tersebut bisa digunakan masyarakat dengan hasil Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen positif COVID-19. Jika tes PCR/Antigen positif, faskes atau laboratorium pemeriksa harus menginput hasilnya ke NAR Kemenkes. Selanjutnya, masyarakat otomatis akan mendapatkan Whatsapp Konfirmasi. Namun apabila tidak mendapatkannya, masyarakat bisa cek Nomor Induk Kependudukan (NIK) secara manual di https://isoman.kemkes.go.id/. Whatsapp konfirmasi tersebut bisa digunakan untuk konsultasi dokter dan menebus paket obat gratis, yang disediakan oleh Kimia Farma.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL